Cara Pembuatan Surat Keterangan Sehat Fisik dan Jiwa, serta Surat Bebas Narkoba

Hai hai hai Gaes, kawan-kawan Misterluthfi rahimakumullah ketemu lagi di tips dan solusi.

Kali ini misterluthfi mau bagi pengalaman saat mengurus pembuatan surat keterangan sehat dari Rumah Sakit. Untuk apa? Banyak sih gunanya, kalau saya pas ini sedang dalam proses melamar posisi dosen (bisa kampus negeri atau swasta). Syarat keterangan sehat ini sudah lazim tertulis di kolom syarat posisi dosen. Tapi tunggu, surat keterangan sehat di sini tidak boleh dari sembarang sumber, melainkan harus dari Rumah sakit pemerintah. Nah..

Pembuatan surat keterangan sehat

Gedung Geriatri di RSJ Ghrasia Jogja

Misterluthfi coba datangi RSUD atau RS Kabupaten, tepatnya di RS Soeradji Tirtonegoro di Klaten. Eh…pas Sabtu ternyata kliniknya tutup. Dan ternyata lagi setelah mengumpulkan informasi, RSUD ini hanya melayani surat keterangan sehat fisik saja, sementara keterangan sehat rohani dan tes bebas narkoba tidak bisa.
Walhasil, berdasar informasi dari petugas jaga dan jejaring WA (Whatsapp) saya dirrkomendasikan ke RSJ Soedjarwadi di Klaten Selatan. Karena ada relasi di sana, saya minta informasi harga ketika tes tersebut. Eh, lumayan juga biayanya. Kata relasi saya yang bekerja sebagai paramedis senior tersebut biaya bisa sekitar 500K IDR. Wheeew…. lumayan juga. Wah pending dulu ini.

Hijrah ke Jogja

Qadarullah, di hari Sabtu itu Misterluthfi juga ada undangan rapat dengan Dosen Pasca UNY dan teman2 tim Hibah Pascasarjana di Jogja. Tepatnya di Rumah makam Bale Bebakaran, di gang Guru, Mrican, Jogja. 

Sampai di sana, obrol punya obrol, salah satu rekan cerita bahwa di RSJ Ghrasia, Pakem, Sleman Yk melayani tes-tes yang kusebutkan sebelumnya. Kata dia, cepat prosesnya dan relatif murah. Aha, misterluthfi juga ingat bahwa ada Om Rifai (suaminya adik ibu saya) yang bekerja di sana bagian kepegawaian. Alhamdulillah…

WA langsung dibalas. Bahwa tes kesehatan fisik dan jiwa plus bebas narkoba sangat bisa dilakukan di Rumah Sakit Jiwa tersebut… Ups, jangan salah ya Gaes, RSJ sekarang bukan hanya tempat ngumpulin pasien sakit jiwa (baca: gila), RSJ sekarang sudah jadi pusat kesehatan untuk penanganan masalah narkoba, tumbuh kembang anak, depresi, dan gangguan kesehatan fisik umumnya. Jauh lebih bagus deh sekarang. Bahkan aula pertemuannya bisa disewakan buay resepsi nikahan wehehe… udah jauhlah dari kesan rumah sakit buat orang gila.

For short, begini gambaran dan proses tes kesehatan fisik, jiwa dan bebas narkoba;

Awalnya Sobat harus daftar dulu di loket administrasi, isi formulir data diri dan tes apa daja yang dikehendaki (banyak lho…ada selusinan tes yang dilayani di RSJ Ghrasia Sleman ini). Misterluthfi contreng tes kesehatan fisik, jiwa dan tes bebas narkoba.

  1. Tes kesehatan fisik

Setelah mendaftar dan dipanggil petugas, saya diarahkan menuju ruang Geriatri di samping gedung pendaftaran. 

Seorang perawat berjilbab dengan pakaian putih2 menyapa dengan ramah. Ciyuss…gak ada kesan ini rumah sakit jiwa, bagus deh pelayanannya. Setelah serahkan formulir pengantar, saya menunggu sejenak. 

Tes kesehatan fisik ini hampir tidak ada bedanya dengan tes kesehatan di dokter umum. Hanya cek tensi, berat badan, tinggi badan, detak jantung, dan interview oleh dokter jaga. Biaya 22K IDR. (notanya lupa hehe)

  1. Tes kesehatan Jiwa

Dilakukan di ruang /gedung rehabilitasi Narkoba yang terletak di Selatan gedung Geriatri. Ternyata tes kejiwaan untuk umum dengan tes kejiwaan untuk calon pegawai, baik BUMN atau PNS beda. Tentu lebih kompleks tea utk Calon Pegawai. 

Tesnya …Maasyaa Allah… Misterluthfi diberi buku tes berisi 350 soal SETUJU /Tidak setuju dan lembar jawab. Tes tersebut namanya MMPI. Tes MMPI adalah tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa oleh psikiater seperti gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kehohongan, dan sebagainya, Tes MMPI ini berupa ratusan pernyataan dengan alternative pilihan jawaban berupa setuju (+) dan tidak setuju (-). Jadi saat melakukan tes, badan harus sehat, fit, karena dibutuhkan ketahanan dan konsentrasi yang tinggi dalam menjawab setiap pernyataan. Tips dan kunci dari menjawab MMPI ini harus JUJUR.

Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) diterbitkan pada tahun 1940. Perancang MMPI adalah R. Starke Hathaway , PhD, dan JC McKinley, MD. Pada tahun 1940-1943 MMPI disusun menggunakan sampel yang meluas baik jumlah item dan pengetesan kepada sejumlah orang normal. Jawaban dari pertanyaan tes MMPI sangat mudah dengan pilihan YA, TIDAK atau TIDAK TAHU. Dari 1000 item yang disajikan dengan menggunakan criterion keying test construction, secara empiris item valid dipilih untuk menyusun konstruk MMPI. MMPI merupakan hak cipta dari University of Minnesota. 

MMPI dikembangkan pada tahun 1930 di Universitas Minnesota sebagai tes kepribadian yang komprehensif dan serius yang dapat digunakan untuk mendeteksi masalah kejiwaan.Popularitas MMPI sampai saat ini masih sangat dipercaya, terutama di Indonesia sebagai alat resmi diagnosa gangguan jiwa oleh psikiater dan di bidang psikologi tidak kalah populer alat inventori ini dengan alat-alat tes lain.

Hasilnya: Alhamdulillah Misterluthfi sehat secara jiwa hehehe…. hanya saja ibu psikiaternya bilang kalau saya terlihat mengerjakan dengan tergesa-gesa.  Hasil tes kurang stabil dan beberapa inkonsisten.

Biaya tes dan pembuatan surat: 125K+46K= 171K IDR

  1. Tes bebas Napza

Tes ini dilakukan di Lab. Misterluthfi harus merelakan sebotol kecil urine untuk dicek… hehe…merelakan, kayak apa aja yah. Tunggu beberapa menit, hasil sudah selesai. Tapi saya harus turun ke lt1 utk bayar2 dulu sebelum bisa dapat hasil. Biaya tes bebas Napza adalah 101,5K IDR.

Tesnya Amphetamine kualitatif, Benzodiazephine, dan Canaboid kualitatif. Hasilnya negatif . Aman…

So, total total biaya ketiga tes standar utk syarat calon pegawai adalah 22K+171K+101,5K= 294,5K IDR.

Nah demikian gambaran dan prosedur Tes kesehatan fisik, jiwa dan bebas narkoba di RSJ Ghrasia Sleman Yogyakarta. Moga bermanfaat infonya.

Doakan Misterluthfi jadi dosen ya… amiiin.

Saya akan sangat senang apabila Anda meninggalkan komentar di blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s