Tes Sehat, Bebas TBC, dan Bebas Napza di RS Klaten 2018

Bismillah…

Sudah lama Misterluthfi tidak update posting di blog ini. Yah, efek sosial media yang semakin menarik saja tiap harinya, sehingga agak meminggirkan blog sebagai sarana berbagi informasi.

Baiklah, kali ini Misterluthfi ingin share tentang tes-tes kesehatan sebagai syarat beasiswa LPDP. Namun, kalau untuk Misterluthfi sekarang bukan lagi LPDP melainkan BUDI, atau Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia. Dari namanya saja sudah terlihat beasiswa ini ditujukan pada siapa. Memang, posting saya sebelumnya juga mengulas tentang tes kesehatan, psikologi, dan surat bebas Narkoba tetapi itu dulu ketika mendaftar dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alhamdulilah, sekarang Misterluthfi sudah satu tahun menjadi dosen di sana. Cerita tentang tes masuk UMS nanti saja ya pada postingan lain.

Lanjut, dari artikel2 yang bertebaran di laman SERP Google, banyak yang menanyakan masalah prosedur tes dan biayanya. Thoyyib, saya akan bilang bahwa Tes kesehatan syarat beasiswa yang dilakukan di Klaten termasuk affordable alias murah. Total-total tes keterangan sehat, Bebas Napza dan bebas TBC di sini terjangkau sekali lah.

Hanya saja perlu dicatat, di Klaten itu ada 3 RS pemerintah (syarat beasiswa LPDP/BUDI harus menyertakan surat keterangan dari RS milik pemerintah) yang bisa diakses, yaitu RSUD Soeradji Tirtonegoro dan RSUD Bagas Waras serta RS Provinsi Jateng Dr Soedjarwadi, yang berlokasi di Klaten. Misterluthfi melakukan tes kesehatan dan bebas Napza di dua RS berbeda, tapi dua2nya relatif terjangkaulah harganya. NB: tes medical checkup ini tidak bisa melalui BPJS, jadi berbiaya mandiri.

  • Tes kesehatan (fisik) di Poli Triase RSUD Soeradji Tirtonegoro.

Tes ini dilakukan di poli Triase lantai 2 setelah mendapat surat pengantar dari loket 1 (pendaftaran). Di poli Triase kita akan diperiksa oleh dokter tentang kondisi fisik secara umum, yaitu tinggi badan, berat badan, ada alergi atau tidak, cek dada dan perut dengan stetoskop, cek tekanan darah, cek kondisi kelopak mata, dan pernapasan. Alhamdulillah sehat. Nanti dokter akan memberi surat keterangan dengan Tanda tangan dan cap resmi RS. Biaya Rp. 25.000, – +admin Rp6000 = Rp 31.000

  • Tes bebas TBC di poli Paru dan Radiologic.

Tes kedua dilakukan setelah mendapat rujukan dari poli Triase tadi. Misterluthfi masuk ke ruangan radiologi dan menunggu panggilan admin. Alhamdulillah, kalau pasien umum (tanpa BPJS) tidak perlu menunggu lama… panggilan nama segera berbunyi. Masuk ruang radiologi, lepas baju atas dan dada (thorax) ditempelkan di papan pemindai X-ray. Tunggu hasil, lalu lanjut ke poli Paru2 untuk dibaca hasilnya oleh dokter spesialis Paru. Biaya: rontgen Rp. 107.000+ biaya jasa dokter Rp 50.000 = total 157.000

  • Tes bebas Narkoba di RS Soedjarwadi Klaten.

Sekali lagi perlu Misterluthfi bilang, kalau RS Soedjarwadi ini adalah RS milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berada di Klaten. Dari sisi pelayanan dan fasilitas, tentu lebih advanced daripada RSUD Kabupaten. Cek lokasinya di fasilitas Google Map ya. :=)

Tes bebas Narkoba di RS yang dulunya RS Jiwa ini relatif cepat. Tidak perlu menunggu lama dari pendaftaran, pengambilan sampel urine, cek lab, sampai surat keluar. Ya, mungkin karena biaya pribadi tanpa Bpjs jadinya seperti jalan tol… Mulus jalannya.

Oiya perlu Misterluthfi sampaikan bahwa pada tes bebas Narkoba, ada empat paket tes. Tiap tes memiliki harga yang berbeda2, mulai dari 45ribu sampai 105.000 IDR. Nah kalau teman-teman mendaftar tes dengan alasan untuk beasiswa, pastinya akan diminta mengambil 4 paket tes bebas narkoba dengan harga Rp105.000 tadi. Plus nanti tambah biaya pendaftaran dan jasa dokter spesialis, total nya Rp. 165.000.

Jadi, kalau ditotal, biaya tes kesehatan untuk syarat beasiswa LPDP atau BUDI LN adalah :

188.000+ 165.000 = 353.000 IDR sajaa

Bagaimana, cukup terjangkau kan…?

Namun itu belum termasuk tes psikologi lho. Di RSUD belum ada fasilitas itu, jadi akan dirujuk ke RS Provinsi, biayanya sekitar 285.000 belum termasuk jasa dokter, sekitar 350rb jatuhnya. Untungnya, syarat tes kesehatan jiwa tidak dimasukkan dalam daftar syarat beasiswa, jadi sedikit banyak bisa lebih irit lah.

Nah, demikian sobat Misterluthfi ulasan mengenai tes kesehatan di RSUD Klaten dan RSJ Klaten yang menurut saya cukup affordable. Selamat berjuang meraih beasiswa. Salam sukses!

Doakan Misterluthfi lolos beasiswa Budi LN yaaa, aamiin. Supaya nanti Misterluthfi bisa cerita2 lebih banyak lagi mengenai beasiswa di Luar Negeri dan perkuliahan di sana.

Iklan

Saya akan sangat senang apabila Anda meninggalkan komentar di blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s